Aplikasi Pengolah Bahan Cetak (Publisher)





3.6 Aplikasi Pengolah Bahan Cetak (Publisher)




HAI GUYS SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA
SELAMAT MEMBACA :)




A.   Pengertian Microsoft Publisher



Pengertian Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hasil dari Desktop Publishing contohnya koran, katalog, brosur, majalah, kartu ucapan, poster, mading, kalender dan lain lain.

Kita memang bisa membuat majalah menggunakan ms word, dan kita juga bisa membuat kartu ucapan dengan menggunakan microsoft powerpoint. Tapi fitur yang ditawarkan tidaklah lengkap karena memang aplikasi tadi tidak dikhususkan untuk dekstop publishing. Berbeda dengan Microsoft Publisher yang dari namanya saja sudah jelas, publisher(penerbit). Aplikasi ini memang dikhususkan untuk kegiatan desktop publishing.

Microsoft Publisher, secara resmi Microsoft Office Publisher, adalah sebuah aplikasi desktop publishing dari Microsoft. Softwere Microsoft Office Publisher 2007 ini merupakan aplikasi desain yang ringan dan mudah untuk di gunakan. Sehinggga kita tidak perlu memerlukanwaktu lama untuk dapat menciptakan kreasi – kreasi desain pribadi yang menawan untuk sekelas percetakan. Dengan softwere ini, kita dapat membuat berbagai macam kreasi desain semudah kitaklik dan drag.Selain itu, aneka macam template desain yang cantik dan unik telah di sediakan oleh Microsoft office publisher 2007 untuk memudahkan penggunaannya dalam menciptakan anekamacam karya desain dalam waktu yang singkat.Seperti Microsoft – Microsoft lainnya, Microsoft Office Publisher ini juga memilikiekstension sendiri. Adapun, Ekstension pada Microsoft Office Publisher ini adalah .pub.




B.   Fungsi Microsoft Publisher

Dalam aplikasi Microsoft publisher, sudah tersedia berbagai macam template. Sehingga bila kita ingin membuat suatu karya, hanya tinggal memilih template yang sudah disediakan, lalu mengeditnya sesuai dengan kemauan kita.

Tidak banyak orang yang menggunakan Ms Publiser. Padahal aplikasi ini memiliki banyak manfaat, kita ambil contoh salah satunya yaitu membuat mading (majalah dinding). Saya sering menjumpai mading yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan menulisnya di kertas binder lalu ditempel, atau dengan memotong sebagian berita di koran/majalah. Padahal jika menggunakan Ms Publisher, mading dapat menjadi lebih bagus, menarik, bermakna dan pastinya lebih mudah dan praktis karena Ms Publisher memiliki banyak template.

Saat ini, versi terbaru dari microsoft publisher adalah microsoft publisher 2013, sebagai penerus dari versi sebelumnya yaitu ms publisher 2010 dan ms publisher 2007.
Fungsi atau kegunaan microsoft publisher adalah :
    
   untuk membuat majalah
   Untuk membuat kalender
   Untuk membuat madding
   Untuk membuat kartu ucapan
   Untuk membuat brosur
   Untuk membuat poster
             Untuk membuat karya desktop publishing
   Masih banyak lagi manfaat ms publisher, tapi intinya adalah untuk membuat
   segala karya desktop publishing.





C.   Kelebihan dan Kelemahan Dari Microsoft Publisher

 Ini dia beberapa kelebihan Ms Publisher. keunggulan ms publisher.
  • Dapat Membuat Karya Desktop Publishing dengan mudah
  • Tersedia berbagai macam template
  • Tersedia berbagai macam efek untuk mengedit gambar 
  •  Karya dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format
  •  Karya dapat dikirim lewat email atau diconvert menjadi HTML
  • Karya yang dibuat dapat langsung disimpan di online storage dan dapat diakses kapan saja dimana saja.
  • Mudah di gunakan, karena semua type hasil publisher telah di pampangkandi bagian Publication Types. Sehingga user Cuma tinggalmengkreasikannya saja.
  • Memiliki template – template yang indah dan unik, sehingga memudahkan penggunaannya dalam menciptakan aneka macam karya desain dalamwaktu yang singkat.
  • Dapat menciptakan berbagai jenis hasil karya desain yang indah yangsangat di butuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga, dengan katalain, software ini dapat menghasilkan uang yang banyak.
  • Fitur – Fitur pada Microsoft Publisher 2007 ini lebih mudah di eksplorasi dibandingkan edisi sebelumnya. 
  • Ini dia kelemahan Ms Publisher
  • Tidak gratis. Jika sobat mendapatkannya secara gratis, dapat dipastikan itu adalah produk bajakan.
  • Secara awam, keberadaan softwere ini di Indonesia belum setenar softweredesain grafis lainnya yang terdahulu, sehingga pengguna software ini hanya sebatas dari kalangan desainer.
  • Penggunaan software ini hanya sebatas untuk mendesain saja. Dengan kata lain, software ini tidak memiliki fungsi penggunaan yang multi ganda seperti yang dimiliki Microsoft Office Word 2007.
  • Sebagai sebuah software desain, software ini memiliki kekurangan yangsangat fatal. Yakni software ini tidak memiliki tools, seperti yang di miliki corel draw



D.   Sejarah Microsoft Office Publisher

Sejarah Microsoft publisher berawal dari tahun 1991. Jika dibandingkan dengan keluarga Microsoft office lainnya, Microsoft publisher yang termuda. Kala itu Microsoft publisher masih memiliki banyak kekurangan. Keterbatasan itu menyebabkan dekstop publishing Microsoft ini sedikit tertinggal dibanding kompetitornya.Dengan kondisi seperti itu, Microsoft tentu tidak berdiam diri mereka pun segera memperbaiki publisher. Hasilnya, Microsoft publisher memiliki segudang kemampuan yang tak ada digenerasi sebelumnya. Bahkan Microsoft publisher 2007 telah mampu untuk menghasilkan output file PDF berkualitas dengan kemampuan embedded font (Anonimd, 2011).

Kelebihan utama Microsoft publisher yaitu pengoprasiannya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Kelebihan inilah yang membuat bisnis-bisnis kelas menegah bawah mau melirik Microsoft publisher. Mereka yang tidak memiliki tenaga ahli dalam desain dapat memamfaatkan Microsoft publisher untuk menciptakan materi pemasaran seperti iklan, brosur, kartu nama, spanduk, sertifikat, amplop, kartu pos, katalog, kop surat, hingga kartu ucapan hanya dengan beberapa klik saja (Anonimd, 2011).
Pada Microsoft Publisher terdapat berbagai macam template-template yang dapat kita gunakan.Template ini dapat kita modifikasi semenarik mungkin sesuai dengan keinginan kita (Anonime, 2012).

Berdasarkan Anonime (2012), berikut nama-nama template-template Microsoft publisher
1.    Advertisement
2.    Award Certificate
3.    Banners
4.    Brochures
5.    Bussinesss Cards
6.    Business Forms
7.    Calendars
8.    Catalogs
9.    E-mail
10.   Envelope
11.   DLL


E.   Bagian-Bagian Microsoft Publisher

Menurut Oscar (2007), menjelaskan bahwa bagian-bagian yang terdapat di dalam interface program MS Publisher yaitu :

1.      Office Button
Tombol Office digunakan untuk menampilkan menu-menu atau perintah yang berhubungan dengan dokumen, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan lain-lain.

2.    Quick Acess Toolbar
Quick Acess Toolbar merupakan bagian yang berisi icon-icon yang digunnakan untuk mempercepat akses sebuah perintah.

3.    Tab Menu
Bagian yang menunjukkan menu-menu yang berhubungan dengan perintah untuk    mengolah dokumen.

4.    Title Bar
Bagian yang menunujukkan nama dari sebuah dokumen. Terdapat pada bagian teratas jendela Microsoft Publisher.

5.    Ribbon
Bagian yang berisi perintah-perintah dari sebuah menu. Setiap ribbon yang muncul berbeda-beda tergantung dari menu yang dipilih.

6.    Format Publication
Bagian yang menampilkan beberapa pilihan pemformatan publisher, baik itu Page Option, Color Scheme, Font Scheme dan lain-lain.

7.    Horizontal Scroll  Bar
Bagian yang digunakan untuk menggeser layar ke bawah atau untuk menuju ke halaman selanjutnya.


Menurut Oscar tahun 2007 menjelaskan bahwa menu-menu program MS Publisher yang sering digunakan setelah kita memilih jenis publisher terdapat pada bagian Tab Menu. Adapun menu-menu tersebut adalah :

1.    File
Untuk membuka menu File, tekan tab Home lalu akan muncul beberapa perintah.

2.    Edit
Untuk membuka menu Edit, tekan tab Edit lalu akan muncul perintah mengedit data.

3.    View
Untuk membuka menu View, tekan tab View lalu akan muncul perintah untuk memunculkan perintah.

4.    Insert
Untuk membuka menu Insert, tekan tab Insert lalu akan muncul beberapa perintah penyisipan objek.

5.    Format
Untuk membuka menu Format, tekan tab Format lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan tampilan.

6.    Tools
Untuk membuka menu Tools, tekan tab Tools lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan atau pengubahan pengejaan kata.

7.    Arrange
Untuk membuka menu Arrange, tekan tab Arrange lalu akan muncul beberapa perintah pengaturan tampilan gambar.

8.    Table
Untuk membuka menu Table, tekan tab Table lalu akan muncul beberapa perintah untuk menyisipkan tabel.



F.    Mengaktifkan Microsoft Publisher


Sebelum mengaktifkan Microsoft Publisher, Installah terlebih dahulu software Microsoft Publisher ke komputer. Setelah itu, Anda dapat mengaktifkan Microsoft Publisher dengan langkah-langkah sebagai berikut.

a.      Klik menu Start
b.      Arahkan pointer mouse pada All Programs
c.       Arahkan pointer mouse pada  Microsoft Publisher
d.      Klik Microsoft Publisher




G.   Langkah Membuat Microsoft Publisher



Brosur
Brosur adalah salah satu media cetak yang berfungsi untuk mempromosikan penjualan sebuah produk, layanan jasa, maupun penawaran kerjasama bisnis dalam bidang tertentu. Penggunaan brosur saat menjadi bagian penting dalam strategi marketing sebuah perusahaan. Brosur yang menarik, informatif dan memiliki desain unik akan memberikan kesan tersendiri bagi calon mitra bisnis.
Bagi perusahaan berskala besar, membuat brosur penawaran mungkin bukan hal yang sulit dilakukan karena tersedia budget promosi yang memadai. Namun untuk bisnis dengan skala menengah ke bawah, mereka seringkali terhambat melakukan promosi karena keterbatasan dana. Pebisnis UKM bisa memanfaatkan salah satu aplikasi Microsoft Office Publisher 2007 yang berguna untuk membuat desain brosur. Brosur yang dibuat melalui Microsoft Office Publisher 2007 memiliki desain yang tidak kalah menarik dengan brosur yang ditawarkan di luar.

Bagaimana cara membuat brosur menggunakan aplikasi dari Microsoft Office Publisher 2007? Langkah-langkah membuat brosur pada Microsoft Office Publisher 2007 adalah sebagai berikut:

1.    Nyalakan komputer Windows dan klik menu Start di pojok kiri bawah.
2.    Pilih menu All Porgrams.
3.    Pilih menu Microsoft Office Publisher 2007.
4.    Klik icon atau lambang Brochures dua kali.
5.    Anda akan dibawa ke halaman untuk memilih desain brosur yang akan
dipakai. Desain brosur pada Microsoft Office Publisher 2007 dibagi
menjadi beberapa kategori. Misalnya Informational, Price List,Event,
dan Fundraiser. Semua desain memiliki ukuran kertas yang berbeda
beda sesuai kebutuhan Anda. Misalkan saat ini Anda membutuhkan
memakai tema Spotlight, maka klik ikon SpotLight dua kali.
6.    Anda akan dibawa menuju halaman membuat brosur dengan tema Spot
Light. Dari sini Anda bisa mengedit gambar dan kata-kata yang ingin
digunakan sebagai bahasa marketing.
7.    Untuk mengganti kalimat brosur, klik area tulisan, hapus lalu
ganti dengan kalimat baru sesuai kebutuhan.
8.    Untuk mengganti gambar (picture), klik area gambar dua kali, lalu
pilih Insert Picture. Selanjutnya, browsing menu folder di computer
Anda untuk memilih gambar yang akan digunakan dalam brosur.
9.    Untuk mengganti picture bisa juga dilakukan dengan cara klik kanan
di area gambar, pilih Change Picture, lalu terdapat pilihan
mengambil gambar dari Clip Art, From File yang tersimpan dikomputer,
maupun From Scanner or Camera.
10.   Untuk mengganti warna garis latar belakang gambar, arahkan pointer
mouse ke area garis warna, klik kanan, pilih Format Object, pilih
Color, lalu Oke. Warna dan desain brosur dapat diubah sesuai
kebutuhan bisnis Anda.


Keuntungan membuat brosur menggunakan Microsoft Office Publisher 2007 adalah Anda bisa mencetak brosur dalam jumlah terbatas sesuai kebutuhan. Menggunakan Microsoft Office Publisher 2007 untuk membuat brosur akan menghemat pos pengeluaran bisnis yang Anda kelola. Selain itu, Anda bisa memberikan ciri khas atau keunikan pada brosur yang akan disesain dengan menampilkan gambar unik terkait bisnis Anda. Selamat berkreasi membuat brosur menggunakan aplikasi Microsoft Office Publisher 2007!


Komentar

Postingan Populer