Menganalisis Informasi Dari Internet Untuk Menunjang Pekerjaan Kantor
Selamat
datang ..
Pada pembahasan kali ini saya
akan membahas tentang ....
3.7 Menganalisis Informasi Dari Internet Untuk Menunjang
Pekerjaan Kantor
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Informasi merupakan obyek atau data apapun yang bisa
digunakan oleh pengguna informasi untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan
yang diinginkan. Informasi diperoleh dari sumber-sumber informasi yang terdapat
dimana saja kita jumpai. Dalam segala aspek kehidupan manusia selalu tidak bisa
terpisah dari informasi, baik informasi yang sifatnya individual maupun
informasi yang berisifat umum atau general. Dalam kenyataanya manusia selalu
membutuhkan informasi untuk melakukan aktifitas apupun dan dimanapun, informasi
yang dibutuhkan bisa berupa lisan maupun tulisan bahkan Visual dan audio
visual. Bukan tidak mungkin informasi akan menjadi bahan pokok manusia untuk
tetap berkembang dan bertahan, dengan kondisi tersebut maka diperlukanya suatu
informasi yang dalam segi waktu dapat dengan mudah diperoleh sedangkan dari
kualitas adalah ketepatan suatu informasi.
Dari waktu ke
waktu informasi mengalami perkembanagan yang sangat cepat seiring dengan
perkembangan ilmu eknologi informasi, dengan berkembangnya teknologi informasi
maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan
kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan
perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana
informasi yang memadai.
Hal ini sangat mendukung segala aktifitas manusia
dalam berbagi bidang, satu diantaranya dalam bidang Perkantoran. Suatu
Perkantoran dimanapun selalu bersangkutan dengan aktifitas informasi, baik dari
segi data yang masuk kemudian dilanjutkan pada pemrosesan data informasi hingga
penginformasian data yang telah diolah. Informasi dalam perkantoran merupakan
informasi yang selalu bisa digunakan oleh pelaku atau personel yang
beraktifitas didalam kantor tersebut ataupun berupa informasi yang sifatnya
untuk umum. Dengan bebagai macam jenis maupun tingkat pentingnya suatu
informasi yang harus disampaikan antara sumber-sumber informasi dengan penerima
informasi, maka perlu adaya pengaturan sistem didalam pengelolaan informasi
tersebur, yang biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Perkantoran.
Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan Sumber
daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas
perkantoran.
Salah satu perkembangan dalam bidang informasi
perkantoran adalah dengan banyaknya sistem kerja kantor yang menggunakan
teknologi pemrosesan data ataupun sistem jaringan untuk publikasi informasi.
Berdasarkan pemaparan diatas kami tertarik untuk
mengkaji lebih dalam mengenai Pemanfaatan teknologi informasi pada suatu kantor.
BAB 2
KAJIAN TEORI
Peranan Teknologi Informasi Bagi Pekerjaan Kantor
Pada bab ini akan dibahas mengenai rumusan
permasalahan yang pertama yaitu “ apa itu teknologi informasi? “
A. Pengertian
Teknologi Informasi
Kantor adalah tempat dan proses penanganan informasi.
Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa pekerjaan kantor adalah semua kegiatan
yang bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan dengan bidang tugas
dari kantor/instansi yang bersangkutan.
Dalam kaitan
dengan adanya kemajuan teknolologi, dalam bidang informasi kita kenal teknologi
informasi. Teknologi informasi dapat diartikan sebagai perolehan,
pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka
huruf, gambar maupun suara dengan suatu alat electronics berdasarkan
kombinasi antara perhitungan ( computing )
dan komunikasi jarak jauh (telecomunications).
Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu
komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi.
1.
Komputer, yakni
mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar
dan sangat cepat.
2.
Mikro elektronik, yaitu
rancang bangun (design) penerapan dan produksi
dariperalatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas
komponen-komponen yang rumit.
Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang
radio.
B. Peranan
Teknologi Informasi
Pekerjaan
kantor dapat dibedakan menjadi pekerjaan tulis-menulis dan bukan tulis-menulis.
Pekerjaan yang tulis-menulis adalah penanganan surat baik surat masuk maupun
surat keluar, penghitungan, pembuatan laporan, sedangkan yang bukan
tulis-menulis adalah penggandaan, pelayanan telepon, penerimaan tamu,
pengiriman surat. Dengan adanya kemajuan teknologi, khususnya teknologi
informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan
kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Di bawah ini dapat dilihat
bagaimana teknologi informasi dapat membantu masing-masing pekerjaan kantor.
1. Penanganan
Surat dan Pembuatan Laporan,
Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus
dapat berfungsi sebagai word processor, maka dengan
menggunakan komputer semacam ini penyelesaian surat-surat dan laporan sangat
dipermudah, cepat, dan cermat.
Ada tiga jenis dasar word processor :
·
Word-processor yang
berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word processor independen, dan
hanya digunakan untuk pengolahan teks, terdiri atas keyboard , processor, memory,layar,dan printer.
·
Beberapa word processor digunakan
secara bergabung sebagai suatu sistem, terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang dihubungkan
dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan, penyimpanan
dan pencetakan.
·
Beberapa micro computer dengan
tujuan umum di mana digunakan program pengolahan kata (a
word-processing program).
Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan word-processor :
·
Meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen,
laporan atau surat, dan sebagainya.
·
Menambah kepuasan kerja
·
Meningkatkan kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
·
Menghemat tenaga
·
Mempermudah mengedit atau mengolah kalimat
·
Mempermudah memperoleh kembali data yangtersimpan
·
Kemampuan untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan komputer-komputer
lainnya.
Beberapa kerugian juga ada dalam penggunaan word-processor.
·
Memerlukan perubahan baik tata ruang fisik maupun
prosedur kerja yang ada
·
Memerlukan pelatihan yang memadai
·
Menimbulkan gangguan pada mata karena terlalu banyak
di muka layar
·
Mengurangi kesempatan kerja seperti pekerjaan
kesekretariatan.
2. Komunikasi
Perkantoran
Komunikasi
dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang
lain melalui saluran. Komunikasi merupakan sarana yang menghubungkan
orang-orang dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam organisasi
terdapat komunikasi horisontal/ lateral, vertikal, dan diagonal. Dengan
pesatnya kemajuan teknologi modern, alat-alat komukasi beraneka-ragam,
sarana komunikasi semakin canggih yang kita kenal dengan telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata tele artinya pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan. Dalam
pengertian yang sederhana, telekomunikasi adalah cara penyampaian informasi
jarak jauh melalui kabel/kawat listrik atau melalui gelombang radio. Telepon
dan telegram merupakan telekomunikasi yang cukup tua.
Dengan kemajuan
teknologi informasi, maka telekomunikasi makin dipermudah dan dipercepat.
Informasi tidak saja dapat dikirimkan dalam bentuk kata-kata dan sandi-sandi
seperti halnya dapat dilakukan melalui telepon dan telegram, tetapi dapat
dikirim dalam bentuk tulisan, angka, maupun gambar. Berkat kemajuan teknologi
informasi tersebut, sekarang jenis komunikasi yang termasuk ke dalam
telekomunikasi makin bertambah jumlahnya. Selain telepon dan telegram, yang
dapat kita sebut disini yaitu teleprinter, teleks (teleprinter exchange ),
faksimile, telefoto, atau telecopier.
Perkembanganpaling mutakhir dari telekomunikasi yaitu konferensi tele yakni
melaksanakan konferensi dengan sistem jarak jauh. Adapun penjelasannya adalah
sebgai berikut ;
1.
Teleprinter,
yaitu suatu alat atau pesawat dalam sistem
telekomunikasi yang pelayanannya dengan cara mengetik informasi. Pesan dikirim
melalui kabel telegraph atau gelombang radio. Pesan tersebut direproduksi oleh
mesin yang sejenis yang ada di pihak penerima sehingga pesan itu dapat dibaca.
2.
Teleks, ( teleprinter exchange )
yaitu pesawat teleprinter yang medianya dihubungkan
melalui perusahaan komunikasi misalnya Telkom, baik saluran domestik maupun
saluran internasional. Teleprinter yang digabungkan dengan jaringan teleks dapat
dibiarkan hidup tanpa ditunggui sepanjang siang dan malam. Pesan yang masuk
akan dicetak secara otomatis. Pelayanan demikian sangat penting untuk
komunikasi internasional di antara zonewaktu yang
berbeda.
3.
Faksimile,
yaitu pesawat yang dapat digunakan untuk mengirim
informasi tertulis maupun bergambar. Pesan dikirim melalui saluran telepon atau
gelombang radio. Untuk keperluan penerimaan informasi, pesawat dilengkapi
dengan kertas fotografis. Informasi yang akan dikirim (misalnya sepucuk surat)
dimasukkan ke tempat surat dalam pesawat telepon, dan pada saat yang sama
pengirim mengadakan kontak melalui telepon. Selanjutnya informasi oleh pesawat
dikirim ke pesawat yang dituju. Sinyal-sinyal tersebut oleh pesawat penerima
diubah menjadi cahaya-cahaya yang jatuh pada kertas fotografis, sehingga
menghasilkan salinan faksimile. Dengan perkembangan teknologi, sekarang
faksimile tidak perlu lagi melalui pesawat telepon, tetapi mempunyai kode/nomor
tersendiri, sehingga pada waktu mengirim informasi dapat langsung menekan nomor
pesawat faksimile yang dituju. Seperti halnya pesawat teleks, pesawat faksimile
sekarang dapat dibiarkan hidup sehingga pesan yang datangnya kapanpun dapat
dilayani dengan baik oleh pesawat tersebut.
4.
Telefoto,
yaitu foto yang diambil melalui gelombang pemancar
jarak jauh.
5.
Telecopier,
yaitu alat untuk mengirimkan atau menerima
rekaman kopi dalam jarak jauh baik melalui saluran telepon (suara), radio atau
melalui sistem elektromagnetik lainnya.
6.
Videoteks,
yaitu pesawat yang dapat melayani informasi teks pada
layar TV (yang sudah dimodifikasi).
Dua jenis pesawat yang termasuk ke dalam video teks
yaitu teleteks dan viewdata:
- Teleteks
yaitu sistem informasi untuk pengiriman data yang
menggabungkan penggunaan komputer yang menyediakan data, gelombang aerial, dan
pesawat TV (yang sudah dimodifikasi). Teleteks biasanya digunakan untuk meminta
data/informasi dari pusat data. Peralatan teleteks terdiri dari bantalan tombol
teleteks yang gunanya untuk minta data ke pusat data, dan TV yang sudah
dimodifikasi. Apabila seseorang membutuhkan data, ia harus minta kepada pusat
data dengan cara menekan tombol teleteks. Ada dua macam tombol, yaitu untuk
minta teks saja atau minta teks beserta gambarnya (grafiknya). Biasanya yang jadi
pusat data adalah perusahaan pemancar TV yang bersangkutan. Atas permintaan
tersebut, pusat data mengirimkan data/informasi dimaksud melalui gelombang
aerial ke pesawat TV orang yang meminta data. Sinyal tersebut diterima oleh
pesawat TV dan diperagakan pada layar TV. Perlu diketahui bahwa sinyal teleteks
hanya satu arah, jadi orang yang meminta data hanya bisa menerima, ia tidak
bisa mengirim ke pusat data.
- View data
adalah pesawat yang prinsipnya sama dengan pesawat
teleteks, yaitu biasa digunakan untuk minta data dari pusat data. Bedanya yaitu
bahwa permintaan dan pengiriman data melalui saluran telepon bukan melalui
gelombang aerial dan menggunakan kata-kata sandi yang sudah ditentukan oleh
pusat data. Bila pemakai membutuhkan data, maka dengan menggunakan kata-kata
sandi ia minta kepada pusat data. Atas dasar permintaan itu, pusat data
mengirim data dimaksud kepada pemakai melalui saluran telepon. Selanjutnya data
itu diperagakan di layar TV pemakai. Karena menggunakan saluran telepon, maka
sinyalnya adalah dua arah, dengan demikian Si Pemakai selain dapat meminta
data, tapi juga dapat mengirim data ke pusat data.
7. Konferensi Tele Kemajuan teknologi informasi juga telah memungkinkan
konferensi jarak jauh,
misalnya
panelis di suatu negara dapat memberikan paparannya bagi peserta seminar di
negara lain. Gambar panelis dipancarkan oleh pesawat pengirim melalui gelombang
satelit bumi dan diterima di pesawat di mana para peserta seminar berada.
Dengan demikian panelis dan peserta seminar seperti berada dalam satu ruangan
yang sama.
3.
Pengiriman Surat
Setelah berkembangnya teknologi informasi yang
diterapkan pada telekomunikasi, pengirim- an surat, terutama pengiriman surat
jarak jauh, dilakukan dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal nama
Pos Elektronik ( Electronic Mail ).
Karakteristik utama darielectronic mail adalah
transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari seseorang kepada
orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian,
dan penyampaian informasi Karena
informasi disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan.
Yang termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi
antar computer.
4. Tata laksana Arsip/Filing
1) Komputer mikro sangat membantu dalam hal pelaksanaan pekerjaan
mengarsip/filing
warkat-warkat. Arsip yang semula berupa tumpukan
kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat disimpan di dalam
disket-disket, CD, flashdisk. Dengan demikian penyimpanan arsip
sekarang beralih kepada penyimpanan dan pemeliharaan yang memerlukan
tempat jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip dalam bentuk kertas. Di kantor yang sudah maju, penyimpanan arsip telah
dilaksanakan dengan menggunakan komputer tersendiri yang menggunakan “Jaringan
Area Lokal” (Local Area Network-LAN). Komputer terdiri dari komputer
pusat yang mempunyai harddisk dengan daya tampung yang sangat besar. Komputer
ini dihubungkan dengan komputer-komputer lain di masing-masing unit organisasi.
Cara kerjanya yaitu apabila unit organisasi memerlukan data/informasi, melalui
komputer yang dimilikinya ia minta ke komputer pusat. Oleh komputer pusat data
dikirim ke memory komputer unit, yang
selanjutnya data tersebut digunakan oleh unit organisasi yang bersangkutan (di- print, diperbanyak atau hanya cukup dibaca saja).
Jaringan komputer semacam ini biasa disebut jaringan bintang, karena mempunyai
satu pusat dan mempunyai cabang yang menyebar di beberapa unit. Denah jaringan
bintang seperti terlihat di bawah ini:
1.
Penggandaan,
Setelah diciptakannya mesin fotokopi, pekerjaan
penggandaan surat dan dokumen lainnya lebih dipermudah dan dipercepat. Ada
beberapa proses di mana dokumen asli dapat dengan cepat direproduksi secara
fotografis. Salinannya atau kopinya dapat dibuat pada kertas biasa atau kertas
khusus atau pada transparansi. Xerografi adalah proses fotografi listrik yang
menggunakan kertas biasa dan yang tidak menggunakan pengolahan kimia. Dokumen
asli ditempatkan di dalam mesin, dan disini tulisannya atau gambarnya
diproyeksikan melalui suatu sistem lensa ke suatu drum selenium yang sebelumnya
sudah diberi muatan listrik positif. Sifat selenium adalah pada bagian yang
terkena sinar muatan listriknya hilang, sedangkan pada bagian teduh listriknya
tetap. Dengan demikian tulisan/gambar asli dipindahkan ke permukaan drum. Toner
yang bermuatan listrik negative ditaburkan pada drum dan karena ada muatan
listrik yang berlawanan, maka terjadi tarik-menarik. Bubuk tersebut secara
otomatis dipindahkan ke permukaan lembaran kertas biasa dan diikat kuat oleh
panas yang dikenakan padanya. Dengan demikian terjadilah reproduksi dokumen
yang diinginkan.
2.
Peralatan Hitung,
Bila ditelusuri sejarahnya, komputer itu diciptakan
sebagai alat bantu manusia dalam hal menghitung. Sekarang komputer mikro telah
memberikan sumbangan yang tak ternilai dalam hal pengolahan data dan
penghitungan.
3.
Referensi,
Teknologi informasi juga telah memberikan sumbangan
yang besar dalam hal penyediaan referensi. Fasilitas demikian diperlukan
terutama bila kita memerlukan data tertentu misalnya data perdagangan, data
keuangan dan sebagainya. Dengan peralatan komputer yang mutakhir data semacam
ini dapat disediakan dengan baik. Fasilitas referensi dapat diaccsesmelalui
Local Areal Netwotk (LAN) atau internet.
C. Aplikasi Dalam
Teknologi Perkantoran
Sofware aplikasi terdiri dari interaksi yang dapat dikenal
dalam sistem komputer untuk melakukan pemrosesan informasi antara lain :
1.
Spread Sheet, untuk
,mengerjakan pekerjaan kantor yang berkitan dengan penggunaan baris dan kolom
misalnyadigunakan software lotus, excel dll.
2.
Word processing, untuk
melakukan pekerjaan kantor yang berkaitan dengan mengetik untuk membuat
surat, laporan digunakan sofware word perfect, word for window dan sebagainya.
3.
Desktop Publishing, Digunakan
untuk pekerjaan kantor yang berkaitan dengan desain dan grafik misalnya
software power point, corel draw dan sebagainya.
4.
Communication, untuk
melakukan pekerjaan kantor yang berkaitan dengan komunikasi antar komputer
tentunya komputer yang sudah saling berhubungan misalnya sofware winpop,
email dan sebagainya.
d. Manfaat
Teknologi Informasi Berbasis Internet Bagi Pekerjaan Kantor
Dalam pelaksaan pekerjaan kantor saat ini didukung dengan penggunaan
internet. Manfaat menggukan internet adalah :
1.
Tukar menukar informasi dapat dilakukan dengan
mudah
2.
Perkembangan yang berkaitan dengan masalah-masalah
substansi organisasi dapat diketahui dengan cepat
3.
Informasi yang diperlukan dapat langsung cepat
diambil (copy/download )
4.
Mengurangi penggunaan kertas
5.
Dapat melakukan komunikasi jarang jauh antar sesama
anggota.
e. Pengaruh Teknologi Terhadap Perkantoran
Berkat kemampuan teknologi informasi untuk menjangkau
sumber-sumber informasi yang begitu luas, dunia manajemen atau pekerjaan
profesional dapat membuat keputusan atau tindakan berdasar pada gambaran
situasi yang up-to-dat.
Dalam memperkirakan pengaruh teknologi informasi terhadap perkantoran ada
beberapa perspektif (harapan) yang perlu dipertimbangkan:
1. Implikasi umum (aspek sosial, ekonomi, dan sebagainya)
·
Investasi di bidang teknologi mungkin akan menimbulkan
persoalan- persoalan seperti kebosanan, keterampilan berulang-ulang yang
digunakan, serta kehilangan kepuasan kerja.
·
Pekerjaan perkantoran akan banyak mengalami perubahan.
·
Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin cenderung
diambil alih oleh mesin.
·
Proses dan pengiriman informasi akan semakincepat.
·
Pekerjaan rutin kantor akan lebih efektif.
·
Keluwesan pelayanan perkantoran dimungkinkan karena
ditunjang oleh berbagai variasi peralatan yang tersedia.
·
Komunikasi bisnis internasional akan dilakukan oleh
kantor-kantor kecil sekalipun.
2. Implikasi terhadap karyawan kantor
a. Keuntungan:
·
Mendorong untuk belajar keterampilan baru.
·
Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke
mesin- mesin.
·
Lebih mempermudah dan mempercepat penanganan
informasi.
·
Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki
kesalahan-kesalahan.
·
Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan
peralatan elektronik, programmer dan rekayasa software .
·
Kesempatan untuk memperpendek hari kerja setiap
minggu.
·
Lebih sedikit pekerjaan
b. Kerugian:
·
Cenderung karyawan menjadi “ machine-minders ”.
·
Masalahkesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti
layar, printer , dan sebagainya.
·
Kehilangan kontak personal, karena penyampaian
informasi dilakukan oleh mesin.
·
Implikasi terhadap pemberi kerja.
·
Memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke
sistem elektronik.
·
Menimbulkan keresahan pada sementara karyawan pada
tahap penerapan.
·
Tidak seluruh software yang
tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan.
Jadi secara keseluruhan keuntungan yang dapat dperoleh perusahaan atau
kantor dengan adanya teknologi perkantoran adalah ;
·
Penghematan biaya untuk gaji karena berkurangnya
pegawai yang dibutuhkan.
·
Harga teknologi baru ini relatif murah.
·
Penghematan biaya ketatausahaan sebagai akibat
penyimpangan data di-disk tidak memerlukan ruang
seluas filing cabinet .
·
Untuk pengambilan keputusan, data dapat diperoleh,
diproses, disimpan, dan dicari secara cepat.
·
Produktivitas meningkat secara cepat.
·
Keluwesan dalam bekerja karena adanya berbagai variasi
peralatan untuk berbagai keperluan.
·
Meningkatnya komunikasi antara para eksekutif secara
individual dari kantornya.
f. Otomatisasi
Kantor ( OA )
Otomatisasi
Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui
perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas
pekerjaan. Asal mula otomatisasi kantor di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan
istilah word processing untuk menjelaskan kegaitan devisi
mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin
yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang
dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara
otomatis.
1. Definisi OA
Otomatisasi
Kantor (Office Automation) atau OA adalah
Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama
berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar
perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
2. Pengguna OA
OA diguankan
oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada 4 (empat)
katagori pemakai manajer, profesional, sekretaris dan pegawai
administratif.
·
Manajer adalah
orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama
SDM. Profesional tidak mengelola orang, tetapi
menyumbangkan keahlian khususnya (mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff
khusus). Manajer dan profesional secara bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
·
Sekretaris bisanya
ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas
seperti menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal
pertemuan. Pegawai administratif melaksanakan
tugas-tugas untuk sekretaris, seperti emngoperasikan mesin fotocopy, menyusun
dokumen, menyimpan dokumen dan mengirimkan surat.
BAB 3
HASIL OBSERVASI
( Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri
Bandung bagian sarana prasarana)
Pada bab 3 ini akan dibahas mengenai rumusan masalah
ke 2 dan 3 yang merupakan hasil kajian observasi pada pusat pengembangan dan
pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan bidang mesin dan teknik industri
bandung bagian sarana dan prasarana.
a. Profil Organisasasi
Visi, Misi, dan Tujuan
1. Visi
“Menjadi lembaga bertaraf internasional dalam
mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan profnessioal”.
2. Misi
“Meningkatkan kualitas-kuantitas sumberdaya dan
jalinan kemitraan lembaga dalam rangka pengembangan pemberdayaan pendidik dan
tenaga kependidikan melalui pengkajian, pengembangan dan penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan”.
3. Tujuan
1.
Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya
lembaga
2.
Melakukan pengkajian dan pengembangan kediklatan
lingkup teknologi
3.
Meningkatkan layanan prima dalam mengembangkan dan
memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan
4.
Mengembangkan dan memperkuat jalinan kemitraan
5.
Mengembangkan layanan informasi pendidikan teknologi.
Nama Lembaga :
P4TK-BMTI bagian sarpras
(Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri
Bandung bagian sarana prasarana bagian sarpras)
LOKASI :
Jl. Pesantren KM.2 Cimahi
b. Pengaruh TI terhadap Manajemen Kantor
“ Bagaimana pengaruh teknologi informasi pada
manajemen kantor ? ”
Pada awal pembahasan telah dikemukakan mengenai
definisi atau artian dari teknologi informasi, yang dimana teknologi informasi
diartikan sebagai perolehan, pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran
informasi baik yang berbentuk angka huruf, gambar maupun suara dengan suatu
alat electronics berdasarkan kombinasi antara
perhitungan ( computing ) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications). Jadi Teknologi Informasi
merupakan bentuk pengolahan suatu data yang berhubungan dengan informasi kantor
kedalam suatu sistem canggih ( komputerisasi )dimana terdapat komponen INPUT,
PROSES dan OUTPUT.
c. Aktifitas Kegiatan Kantor ( INPUT )
Pada kegiatan kali ini kelompok 5 manajemen
perkantoran memilih pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga
kependidikan bidang mesin dan teknik industri bagian sarana prasarana, atau
dengan kata lain observasi kali ini dilakukan pada kantor kerja bidang sarana
prasarana p4tk-bmti bandung.
Dari segi aktifitas, kegiatan perkantoran yang terjadi
pada bagian sarpras ini adalah pengecekan seluruh aktivitas penggunaan,
pendatangan, pengambilan ataupun pengeluaran barang-barang yang ada di
p4tk-bmti bandung. Kegiatan-kegiatan intinya meliputi pengurusan surat menyurat
seperti pembuatan dan pengiriman surat perintah pembayaran dan pembuatan berita
acara pengiriman barang, berita acara serah terima, berita acara uji coba alat,
selain itu terdapat pula pengelolaan surat-surat yang berupa formulir-formulir
membawa barang keluar, peminjaman barang keluar, formulir serah terima barang
yang dipinjam, formulir perbaikan barang, formulir hasil perbaikan, dan
formulir pekerjaan perbaikan barang. Selain kegiatan surat menyurat aktivitas
perkantorannya pun meliputi kegiatan pengamanan, pengecekan dan
pengadministrasian barang-barang yang ada baik barang-barang yang merupakan
aset pemerintah atau BMN yang harus dipertanggung jawabkan pada DEPKEU ataupun
barang-barang persediaan kantor.
Jadi dapat disimpulkan bahwasannya aktivitas
perkantoran yang terjadi dalam segi input informasi yang terjadi dalam kantor
bagian sarpras p4tk-bmti ini diantaranya adalah informasi mengenai surat-surat
yang masuk baik berupa surat kertas ataupun informasi sarpras dengan telepon
dan pengiriman surat elektronik, selain aktifitas surat menyurat, adapula
aktifitas pengecekan dan pengadministrasian berbagai sarana prasarana yang ada
di P4TK-BMTI Bandung.
d. Proses Pengolahan Data Informasi (PROSES)
Pada pelaksanaannya aktifitas perkantoran pada bagian
sarana prasarana ini akan berkenaan dengan pendataan barang-barang yang ada di
p4tk-bmti, hampir keseluruhan aktifitasnya menggunakan teknologi tepat guna
seperti komputer, alat cetak berupa printer, mesin penggada seperti mesin
potokopi ataupun alat-alat pendunkang lainya, setiap meja kerja pada kantor
bidang sarana prasarana p4tk-bmti ini dilengkapi minimal 1 unit komputer dan 1
unit printer, adapun beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam pengolahan
data diantaranya adalah dengan menggunakan microsoft office baik word untuk
mengetik dan exell untuk alat hitung-menghitung ataupun powerpoint sebagai
sarana visualisasi hasil pengolahan serta digunakan pula program SIMAK ( sistem
informasi manajemen akutansi keuangan negara ), program SIMAK ini adalah
program yang dibuat departemen keuangan sebagai salah satu alat bagi setiap
lembaga pemerintah dalam pencatatan dan pelaporan aset-aset negara, didalamnya
terdapat form-form pengisian yang secara otomatis akan tersambung dengan sistem
jaringan departemen keuangan negara. Selain itu dari segi pelaksana program
dalam kantor ini terdapat 3 bidang kerja pelaksana, orang pertama sebagai
penginput data pada komputer, orang kedua adalah sebagai validator dan orang
ketiga sebgai verifikator. namun selain sistem komputerisasi kegiatannya pun
ada yang dilakukan dengan manual, yaitu berupa pencatatan secara manual pada
buku induk infentaris.
Dari segi komunikasi perangkat kerja yang ada dalam
kantor sarana prasrana P4TK-BMTI ini diantaranya adalah saluran telepon yang
jika diamati kurang lebih terdapat 5 unit telepon yang tertata pada tiap satuan
kerja atau meja kerja operator.
e. Pengkomunikasian Hasil Pengolahan( OUTPUT )
Setelah
berbagai data tersebut diproses maka tahap akhirnya adalah berupa informasi
yang dalam penggunaanya ada yang bersifat umum dapat diketahui setiap orang
ataupun yang bersifat khusus yang hanya orang-orang tertentu yang dapat
menikmati informasi tersebut, media-media pengkomunikasian informasi-informasi
tersebut sebagian besar telah terotomatisasi dengan baik, diantaranya dengan
menggunakan jaringan internet dan sistem LAN ( lokal area network ), dimana
untuk LAN ini bagian sarana prasarana memiliki server pusat tersendiri,
sedangkan untuk jaringan internet dapat dilihat secara langsung pada web utama
P4TK-BMTI atau www.tedcbandung.com, namun selain itu penginformasian dapat berupa surat-surat yang dikirim
pada satuan kerja masing-masing.
f. Pengaruh IT terhadao Otomatisasi Kantor
“Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi terhadap
otomatisasi kantor?“
Dari hasil pemaparan observasi diatas dapat disimpulkan bahwasannya
pekerjaan kantor bidang sarana prasarana P4TK-BMTI ini sudah sebagian besar
menggunakan Teknologi informasi dengan sistem-sistem jaringan hanya saja dalam
segi Efektifitas sistem jaringan online yang ada masih harus terus diperbaiki,
hal tersebut dikarenakan dengan masih adanya kesalahan-kesalahan yang terjadi
baik berupa kejahatan yang dilakukan oleh HEKER ataupun virus-virus yang dapat
merusak data informasi, namun dari segi efisiensi dapat dilihat bahwasannya
kantor sarana prasarana terlihat lebih tertata dengan rapih dengan tidak
banyknya tumpukan-tumpukan arsip yang banyak, karena penyimpanan data-data
informasi lebih banyak memanfaatkan file-file dengan sistem komputer selain itu
pola tata ruang kantor yang komunikatif tanpa skat pembatas serta sistem
teknologi yang canggih dalam hal komunikasi informasi yang memungkinkan
pengkomunikasian informasi lebih cepat akuran dan tepat.
BAB IV
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
Pada dasarnya pengaruh teknologi informasi terhadap
otomatisasi manajemen kantor yang dilihat dari aktifitas yang terjadi di kantor
bidang sarana prasarana P4TK-BMTI bejalan efektiv dan efisien, hal tersebut
tidak terlepas dari pemanfaatan sumber daya yang ada termasuk sarana prasarana
teknologi dan sumber daya manusianya itu sendiri sebagai pengguna atau juga
sebagai operator.
Dalam mengoperasikan sarana prasarana tersebut yang
menunjang terjadinya efektifitas kerja karyawan. Dalam prosesnya teknologi
informasi yang ada dalam mendukung otomatisasi kantor ditandai dengan
penggunaan aplikasi software yang disebut SIMAK ( sistem informasi manajemen
akutansi keuangan negara ), yang didalamnya terdapat sistem informasi instansi
yang berfungsi sebagai pelaporan sistem keuangan seperti pencocokan antara uang
yang keluar dengan barang yang sudah ada. Setelah semua laporan keuangan
mengenai sarana prasarana lengkap yang kemudian dilaporkan kepada DEPDIKNAS.
Dalam dunia kerja,
internet memiliki banyak sekali manfaat dalam mendukung kegiatan proses bisnis
untuk mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan yang menolak untuk menggunakan
teknologi internet akan terlihat ketinggalan jaman serta menolak untuk
melakukan efisiensi. Dengan internet, semua akan terasa lebih mudah, di samping
juga ada resiko-resikonya. Selama pimpinan kantor bisa melakukan kontrol
penggunaan internet, maka masalah-masalah yang ada akan bisa dikendalikan.
Berikut ini adalah beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis) :
1. Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah
2. Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
3. Bisa Menjual Barang Secara Online
4. Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
5. Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
6. Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet
7. Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
8. Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
9. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
10. Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang
Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi internet dalam perusahaan atau usaha yang kita miliki. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan pemakaiannya dengan kondisi yang ada. Jika belum paham sebaiknya tanyakan kepada yang paham lalu dipraktekkan. Semoga informasi ini berguna bagi kita semua, terima kasih.
Berikut ini adalah beberapa Keuntungan / Fungsi / Manfaat Internet Bagi Dunia Kerja (Dunia Bisnis) :
1. Memudahkan Telekomunikasi Dengan Biaya Yang Lebih Murah
2. Mudah Melakukan Pemasaran dan Publikasi
3. Bisa Menjual Barang Secara Online
4. Bisa Menjalankan Sistem Aplikasi Terintegrasi Dari Banyak Tempat
5. Mudah Menyebarkan Pemberitahuan Ke Banyak Pegawai
6. Bisa Mencari Pegawai / Karyawan Baru Lewat Internet
7. Mudah Berhubungan Dagang Dengan Banyak Klien Di Luar Negeri
8. Memudahkan Manajemen Untuk Membaca Informasi Dari Satu Sumber
9. Dapat Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen Akhir Beserta Agen / Distributor
10. Karyawan Memiliki Fasilitas Hiburan Tambahan Saat Senggang
Tidak ada salahnya mencoba untuk mengadopsi internet dalam perusahaan atau usaha yang kita miliki. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan pemakaiannya dengan kondisi yang ada. Jika belum paham sebaiknya tanyakan kepada yang paham lalu dipraktekkan. Semoga informasi ini berguna bagi kita semua, terima kasih.
Komentar
Posting Komentar