Menerapkan prosedur kegiatan rapat ( teleconference )
3.9 Menerapkan prosedur kegiatan
rapat
( teleconference )
Hi...
Selamat datang
A. Pengertian
Teleconference
Teleconference
adalah penggunaan video/teknologi suara dan komputer yang memungkinkan orang
pada lokasi yang berjauhan untuk saling melihat, mendengar, dan berbicara satu
sama lain. konferensi video dimana data yang di-transmisikan adalah dalam
bentuk video atau audiovisual.
Teknologi video conference ini sangat efisien bagi perusahaan, terutama yang memiliki cabang-cabang perusahaan yang letaknya cukup jauh. Hal ini dikarenakan tekhnologi ini mengurangi biaya perusahaan yaitu biaya perjalanan untuk keperluan rapat atau pertemuan, biaya penginapan, konsumsi dll. Selain itu teknologi video conference ini dapat memungkinkan orang yang tidak dapat berpergian dapat saling berkomunikasi secara tatap muka.
Teknologi video conference ini sangat efisien bagi perusahaan, terutama yang memiliki cabang-cabang perusahaan yang letaknya cukup jauh. Hal ini dikarenakan tekhnologi ini mengurangi biaya perusahaan yaitu biaya perjalanan untuk keperluan rapat atau pertemuan, biaya penginapan, konsumsi dll. Selain itu teknologi video conference ini dapat memungkinkan orang yang tidak dapat berpergian dapat saling berkomunikasi secara tatap muka.
B. Pengertian
Rapat Dan Jenis-Jenis Rapat
Rapat dapat diartikan pertemuan atau komunikasi yang dilakukan oleh
beberapa orang untuk membahas atau menyelesaikan permasalahan yang terjadi
dalam organisasi tersebut :
1. Berdasarkan tujuan
a) Rapat penjelasan
(teaching conference)
Adalah rapat yang bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada peserta rapat mengenai kebijakan yang telah diambil oleh pimpinan organisasi.
Adalah rapat yang bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada peserta rapat mengenai kebijakan yang telah diambil oleh pimpinan organisasi.
b) Rapat pemecahan masalah
(problem solving conference)
Adalah rapat yang bertujuan untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
Adalah rapat yang bertujuan untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
c) Rapat perundingan
(negotiation conference)
Adalah rapat yang diadakan karena ada dua pihak yang berkepentingan, apabila tidak dirundingkan dapat mengakibatkan timbulnya pertikaian atau perselisihan.
Adalah rapat yang diadakan karena ada dua pihak yang berkepentingan, apabila tidak dirundingkan dapat mengakibatkan timbulnya pertikaian atau perselisihan.
2. Berdasarkan sifatnya
a) Rapat formal
Adalah rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu menurut ketentuan yang berlaku dan pesertanya secara resmi mendapat undangan.
Adalah rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu menurut ketentuan yang berlaku dan pesertanya secara resmi mendapat undangan.
b) Rapat informal
Adalah rapat yang diadakan tanpa terpogram dan tidak berdasarkan suatu perencanaan formal.
Adalah rapat yang diadakan tanpa terpogram dan tidak berdasarkan suatu perencanaan formal.
c) Rapat terbuka
Adalah rapat yang pesertanya tidak terbatas, artinya semua anggota dapat hadir tanpa undangan resmi.
Adalah rapat yang pesertanya tidak terbatas, artinya semua anggota dapat hadir tanpa undangan resmi.
d) Rapat tebuka
Adalah rapat yang dihadiri hanya orang-orang yang mendapatkan undangan saja.
Adalah rapat yang dihadiri hanya orang-orang yang mendapatkan undangan saja.
3.
Berdasarkan frekuensinya
a)
Rapat rutin
Adalah rapat yang sudah ditentukan waktunya dan sesudah terprogram.
Adalah rapat yang sudah ditentukan waktunya dan sesudah terprogram.
b)
Rapat insidental
Adalah rapat yang tidak berdasarkan jadwal, tergantung pada masalah yang dihadapi.
Adalah rapat yang tidak berdasarkan jadwal, tergantung pada masalah yang dihadapi.
4.
Berdasarkan jangka
waktunya
a.
Rapat mingguan,
yaitu rapat yang dilakukan tiap satu minggu sekali.
b.
Rapat bulanan, yaitu
rapat yang diselenggarakan tiap satu bulan sekali.
c.
Rapat semesteran,
yaitu rapat yang dilakukan tiap enam bulan sekali.
d.
Rapat tahunan, yaitu
rapat yang dilakukan tiap setahun sekali biasanya pada akhir tahun/tutup tahun.
C. Perangkat Teleconference
Perangkat Teleconference merupakan alat untuk melakukan pertemuan yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telephone atau
koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio
conference) atau menggunakan audio-video (videoconference) yang
memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang
dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Sistem telekomunikasi dapat
mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih
dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih
berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
D.
Macam - Macam atau Jenis Teleconference
Jenis Teleconference ada beberapa, yaitu :
1.
Audio Conference
adalah pertukaran informasi hanya melalui suara dengan
medium panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau lebih suara saluran
telepon dalam waktu yang bersamaan. Audio Conference memiliki kelebihan
dibanding web conference dan video conference, karena biaya yang relatif murah.
Namun kelemahan dari Audio Conference adalah hilangnya koneksi personal dalam
bisnis ketika hanya suara koneksi hanya suara koleganya saja yang bisa
terdengar. Saat beberapa pihak terlibat dalam satu pembicaraan dalam percakapan
telepon dalam satu panggilan secara bersamaan, maka kemungkinan pihak tersebut
berbicara dalam satu waktu yang sama menjadi lebih besar.
2. Web Conference
adalah dimana presentasi atau dokumen dapat dibagi dan
disebarluaskan melalui internet. Keuntungan utamanya adalah presenter dokumen
dapat memberi penjelasan mendetail mengenai suatu dokumen, sementara web
lain dapat secara serempak melihat dokumen presentasi tersebut.
3.VideoConference
adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada dilokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.
3.VideoConference
adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada dilokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.
E.Kegunaan
atau Manfaat Teleconference
A.
Bagi pelajar
o
Bisa dibuat untuk
percontohan [ada pelajar atau siswa agar mengerti tentang bagaimana penggunaan
teleconference itu sendiri
o
Menambah wawasan
bagi pelajar tentang apa itu teleconference
o
Memudahkan siswa
saat akan melakukan kegiatan teleconference sendiri
B.
Bagi Guru
o
Mengajarkan pada
murid muridnya tentang telecoference
o
Membuat murid
mengenal teleconference sejak remaja agar mudah pengaplikasian saat dewasa
C.
Bagi Perusahaan
o
Memudahkan
perusahaan dalam hal jarak tempuh yang jauh dan sebagainya
o
Memudahkan
perusahaan membahas masalah bersama walau tidak berada pada satu tempat yang
sama
F.
Manfaat Teleconference
1)
Membantu individu
maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi
dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
dengan lebih mudah dan relatif murah dalam pelaksanaan konseling.
2)
Memberikan
kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih
baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu
bertemu secara fisik (cyber counseling).
baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu
bertemu secara fisik (cyber counseling).
3)
Memungkinkan
konseling tidak merasa malu/canggung yang bisa
dilakukan kapan dan dimana saja
dilakukan kapan dan dimana saja
4)
Walaupun kegiatan
konseling dilakukan dengan jarak jauh namun
kerahasian konseli harus tetap terjaga.
kerahasian konseli harus tetap terjaga.
5)
Dapat menghemat
waktu konselor karena dapat melakukan layanan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
G. Tujuan Dari Teleconference
Tujuan menggunakan
teleconference adalah memudahkan seseorang atau orang banyak dalam meringkas
waktu. Karena waktu yang seharusnya digunakan untuk menuju tempat yang sama
tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang lebih membutuhkan. Karena kita
telah melakukan kegiatan teleconference untuk bisa mendengar dan melihat
langsung dengan jelas orang yang ingin kita temui melalui media tersebut.Tanpa
perlu bersusah payah menghabiskan banyak waktu yang kita punya.
H.
Keunggulan dan Kelemahan Teleconference
Keunggulan
Teleconference
Tidak adanya kepemilikan metode dalam mengakses Internet denga
standar WAP baik pada isi maupun layanan.
Menghemat biaya
Menghemat waktu
Kelemahan
Teleconference
Konfigurasi telepon seluler untuk service WAP masih termasuk
sulit
Jumlah telepon seluler yang mendukung WAP masih terhitung sanagt
sedikit.
Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki sehingga hanya
perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai cukup dana dan sangat
membutuhkan yang memiliki konferensi video.
I. Cara kerja Teleconference
Pertama-tama pilih software Microsoft Visual C# 2005 yang merupakan Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan .NET Framework 2.0 SP1. Microsoft Visual C# menyediakan Graphical User Interface (GUI) yang mudah didesain dan memiliki banyak library yang sangat membantu dalam pembuatan sistem. Selain itu, digunakan beberapa library tambahan seperti :
v Microsoft Managed
DirectShow
v ConferenceXP RTP Filter
v Microsoft Visual C++ 2005
Redistributable
v Windows Media Player 11
Codec
Pertama kali, user harus
memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) dengan memilih radio
button. Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan memilih IP
yang terdapat pada komputer. Setelah itu, user menekan tombol centang yang ada
di kanan bawah. Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi,
akan muncul form set destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP
dan nomor port, user akan tergabung ke dalam konferensi.
j.
Prosedur penyelenggaraan rapat
1. Persiapan
§ Menyiapkan
rencana
§ Menyiapkan
agenda rapat
§ Menyiapkan
kertas kerja
§ Menyiapkan
pembicara/peserta
§ Menyiapkan
perlengkapan rapat
2.
Pelaksanaan
ü Pembukaan
ü Tata
tertib rapat
ü Pengendalian
ü Mengatur
waktu
ü Pengambilan
keputusan
ü Penutupan
rapat
3.
Laporan
dan Evaluasi
a. Pelaporan
- Jelas, lengkap dan singkat
- Jelas, lengkap dan singkat
- Pembuat
laporan harus mengikuti rapat
- Isi
jam/tanggal, jumlah peserta, pembicara, pokok pembicaraan
Keputusan
b. Evaluasi
- Dilakukan
bersama panitia/pengurus
- Yang
dievaluasi adalah semua kegiatan rapat dari persiapan, pelaksanaan dan hasil.
Jadi kita itu harus gimanauntuk menyelenggarakan rapat
BalasHapusyoutube!fitnesspal - youtube | vrgear.cc
BalasHapusyoutube!fitnesspal. best youtube to mp3 converter app youtube!fitnesspal. youtube!fitnesspal. youtube!fitnesspal. youtube!fitnesspal. youtube!fitnesspal. youtube!fitnesspal.
Aku suka kamu,,,, di tolak juga tidak apa apa,,,,
BalasHapus